Sabtu, 11 Juni 2016

SENDAWA DESA BAKAU ACEH


SENDAW

Oke teman-teman dimanapun kalian berada kali ini saya ingin menyampaikan pengalaman saya berkunjung ke daerah SENDAWA negri yang di huni suku melayu ini,yang kental akan budayanya yang ramah penduduknya,dan yang cantik-cantik anak gadisnya

 sendawa adalah dimana perdesaan yang terletak di hilir kabupaten indragiri hilir, atau lebih tepatnya termasuk daerah mandah.
daerah ini di kelilingi hutan mangrove yang kaya akan flora dan faunanya, banyak sekali hasil laut yang bisa kita nikmati dari daerah ini
   ketika saya pertama kali memijakan kaki saya di daerah ini saya cukub keheranan menakjubkan kata batin sasa daerah yang indah dan kental akan budayanya
  saya berkunjung ke daerah ini dengan alasan untuk menghadiri pesta perkawinan paman saya.
dan tempat ini sangat mengesankan bagi saya karna disana saya menemukan kekayaan kebudayaan melayu,seperti acara perkawinanya,disana sangat lah khas dimana di sajikan acara berbalas pantun,peragaan silat melayu dan banyak lagi

kelebihan dari daerah ini sangat banyak menurut saya,yang berkasan ialah makanan khasnya yaitu SEMPOLET saya tidak bisa menjelaskan sepeti apa rasanya kana maknyus banget dah.
nah adajuga istilah MENANGKUB RENDANG anda pasti pensaran kan,
oke deh saya berikan sedikit penjelasan menagkub rendang ialah memakan rendang dengan menggunakan kuah nah ini biasanya bermacam macam bisa gulai,sub, dll
kalo saya sih hobinya menangkub dengan sub ikan lome

nah untuk tempat tinngal penduduknya juga sanggat menarik karna daerah ini di kelilingi rawa-rawa maka tokat rumah merka tingi-tingi dan juga jalan jalan disana terbuat dari papan dan tongkatnya tinggi-tinggi alias seluruh banguan disana terletak di atas air karna disana daerah yang pasang dan surut

na saya juga ada pengalaman disana yaitu me MENTO yaitu memasang perangkab kepiting yang membuat saya terkesan ialah bukan cara memasangnya tetapi umpanya
saya keheranan karna umpanya dari belut laut dan orang-orang setempat menyebutnya dengan nama SESILI dan saya sangat kaget karna umpan tersebut sangat lah epektip dan bisa memancing banyaksekali kepiting bakau masuk ke dalam perangkab

ike kita lanjut dengan hal yag menarik lainya dimanapun tempat selalu ada yang namanya peermaina gasing  tetapi yang sangat unik dari tempat ini ialah bukan cara bermain gasingnya tetapi ahan untuk membuat gasingnya, yaitu di buat dari biji buah PENYIRIH aneh bukan gimana caranya tu biji bisa jadi gasingg anda penasaran datang aja ke sendawa hahahaha

oke kita lanjutkan dengan yang lain yaitu para ledisnya disini para anak gadisnya sangatlah cantik-cantik sobat saya sangat keheranan daerah yang di kelilingi hutan bakau dan tanah lumpur serta airnya yang asin ini kenapa memiliki bunga-bunga yang indah
ohh ini bukanlah hal yang aneh seobat  kenapa demikian daerah yang di apit hutan bakau ini ternyata membuat daerah tersebut alami dan membuat orang disana sehat-sehat karan tidak terkena banyak polusi
dan air yang asin dan tanah berlumpur itu juga sangat bagus sobat kenapa demikian karna lupur itu banyak mengandung mineral yang menyehatkan kulit dan itu bisa mrmbuat gadis gadis disana memiliki kuli yang mulus-mulus
nah saran gue bagi lo cowo ganteng yang pingin cari istri yang cantik and baik lo bisa datang ke daerah ini
goe juga pengen sih tapi syang ngak ada yang mau ama gue hahahhaha canda aja.....

nah kita lanjutkan sobat di daerah ini memiliki srana teransportasi laut saja seperti spitbod,kapal laut,perahu motor,dan sampan...
untuk mata pencarian pnduduk setempat memanfaatkan hasil alam yang berlimpah seperti hasil laut menangkap ikan,udang,kepiting dan lain-lain.
dan yang kedua hasil hutan mangrub yaitu menbag bakau,dan pohon-pohon lainya dan ada juga yang berkebun kelapa sobat.

biasanya penduduk setempat menjual hasil kebun merka dengan tokeh yang ada di tempat tersebut
  dan  juga termasuk kakek saya yang tinggal tersebut hidub dengan mengandalkan hasil alam setempat.

 dari segi pendidikan di daerah ini masih kurang memuaskan sobat karna hanya ada jenjang sekolah SD,DAN SMP saja untuk SMA anya belum ada yah kita berdoa aja biar pemerintajh cepat membangun sekolah menengah atas disana agar pendidikan disana bisa berkembang
nah untuk anak-anak disana biasanya melanjutkan sekolah mereka keluar daerah seperti Tembilahan,Mandah,Pekanbaru dan lain-lain

oke itusaja dulu yang bisa saya sampaikan untuk daerah SENDAWA ini daerah yang sanggat unik menurut saya
saya akhuru dengan sebuah kata-kata yang sya kutin dari penduduk setempat yaitu

tiada gading yang tak retak
tiada laut yang tak bergelombang
dan tiada bumi yang tak tersirat huaja

wasalamm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar